Konfigurasi Mikrotik Dengan Virtual Box

Konfigurasi Mikrotik Router Gateway Dengan Virtual Box

Mikrotik merupakan salah satu router yang sangat sering dipakai dalam membuat sebuah jaringan entah itu jaringan yang kecil hingga jaringan yang sangat luas. Router mikrotik sangat banyak memiliki fitur mulai dari mengatur bandwidth, proxy, membuat hotspot, dan lain lain.

Kali ini komunologi akan memberikan beberapa tutorial konfigurasi mikrotik mulai dari cara menginstall hingga konfigurasi yang pastinya sangat cocok bagi kalian yang baru dalam dunia jaringan khususnya baru mengenal router mikrotik. Di tutorial ini Komunologi akan menggunakan aplikasi Virtual Box untuk melakukan konfigurasi router mikrotik. Jadi sebelum mengikuti tutorial yang ada saya sarankan kalian untuk mengetahui jenis jenis network yang ada pada virtual box, silahkan klik disini untuk mengetahuinya.

Setelah mengetahui tentang jenis adapter network pada virtual box, berikut ini daftar tutorial mikrotik yang akan Komunologi berikan.
  1. Cara Menginstall Mikrotik Di Virtual Box
  2. Cara Konfigurasi IP Address Pada Mikrotik Dengan Command dan Winbox Pada Virtual Box (Comming Soon)
  3. Cara Konfigurasi atau Membuat DHCP-Client Pada Mikrotik Dengan Command dan Winbox Pada Virtual Box (Comming Soon)
  4. Cara Konfigurasi atau Membuat Hotspot Pada Mikrotik Dengan Command dan Winbox Pada Virtual Box (Comming Soon)
  5. . . . (Comming Soon)
Tutorial dari 1 hingga nomor 4 itu bisa dikatakan kita sedang membuat mikrotik sebagai router gateway, Dimana komputer host (komputer real) akan kita gunakan sebagai sumber internet (ISP) untuk komputer guest 1(mikrotik) dengan menggunakan network adapter NAT. Kemudian koneks internet mikrotik kita bagikan ke komputer client yaitu komputer guest 2(windows xp) menggunakan hotspot mikrotik dengan komputer guest 2 menggunakan network adapter internal.

Selain 4 tutorial diatas kita akan mempelajari tutorial lainnya seperti proxy, melakukan pembagian bandwidth, block website, dan lain-lain.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
7 April 2016 pukul 22.11 delete

bagus mas artikel nya, kunjungi juga di sini ya masalah dengan mikrotik loopnetwork21.blogspot.co.id/2016/04/cara-membuat-mikrotik-dengan-virtualbox.html

Reply
avatar